Skip to main content

Featured

LINGUISTICS STUDENT INDONESIA PROFILE

Linguistics Student Indonesia Founded in April 2015, Linguistics Student Indonesia starts as a personal blog and continues its journey and has expanded its wings to several platforms such as Instagram, Youtube, Anchor, Facebook, ResearchGate, and LinkedIn. Linguistics Student Indonesia is currently non-profit and represents its founder's personal brand. The idea of creating Linguistics Student Indonesia emanates when Suci Wulan Lestary as a Founder of this blog encounters a lot of difficulties in learning Linguistics as her specialty in college. So, she started to build Linguistics Student Indonesia while hopes that this platform could help to spread her values as a passionate individual who is attracted to linguistics as she took Indonesian Linguistics specialty as her major in college. Besides linguistics, she would also love to share her meaningful life experience. That's why the tagline: makes little things matter by learning through experience. *** Current Interest

3 AKTIVITAS INI DAPAT MENJEMBATANI MINAT BACA YANG TERHALANG BIAYA

Estimasi Waktu Membaca: 2 Menit 34 Detik
Become a Supporter of Linguistics Student Indonesia

Apa yang bisa kita lakukan?

Tak satupun orang peduli apa yang mampu kamu lakukan, tetapi semua orang peduli jika kamu bisa melakukan sesuatu untuk mereka. 

Ketika kamu memiliki kesempatan untuk menolong orang lain, maka lakukanlah. Karena mungkin saja, ketika kamu menolong mereka, kamu menjadi jawaban atas doa-doa yang mereka panjatkan.

Itulah alasan-alasan yang mendorongku memperkenalkan aktivitas yang membuatmu bisa menolong masyarakat luas dengan apa yang kamu miliki. Jika kamu memiliki gawai, akses ke sumber pengetahuan, serta koneksi internet, kamu bisa melakukan tiga hal ini:

belajar bahasa (language learning), kurasi konten (content curation), dan bercerita (story telling).

Apa yang menjadikan ketiga aktivitas itu bermanfaat? 

1. Belajar Bahasa (Language Learning)

Kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, membuat seseorang mampu ikut dalam pergaulan dan diskusi internasional serta mendapatkan akses ke milyaran sumber ilmu pengetahuan dalam bidang yang diminatinya. Misalnya, menjelaskan kembali isi buku-buku berbahasa asing dan artikel ilmiah (tentunya dengan mencantumkan sumber).

2. Kurasi Konten (Content Curation

Kemampuan kurasi konten yang dikuasai seseorang, akan membuatnya mampu mengumpulkan dan mempublikasikan informasi yang relevan dalam bidang atau ilmu yang diminati dan dikuasainya. Selain itu, jika orang tersebut suka membaca dan membuat kurasi konten, hal itu akan menjadi kombinasi yang melahirkan solusi luar biasa. Karena di era informasi yang serba cepat dan instan ini, orang-orang membutuhkan mereka yang mampu menyajikan informasi dalam bentuk yang ringkas dan berbobot, terutama apabila mereka sangat membutuhkan informasi tersebut, most people don't read, they scan.

3. Bercerita (Story Telling)

by twitter.com/david_perell

Kemampuan bercerita membuat seseorang akan membuatnya dapat dengan mudah mengartikulasikan ide-ide briliannya, sehingga ide tersebut bermanfaat bagi masyarakat luas. Apapun bisa disampaikan, jika seseorang memiliki kemampuan bercerita yang baik dan memikat.

Bagaimana jika ketiga aktivitas tersebut digabungkan?

Jika kamu termasuk orang yang cukup beruntung karena selalu mendapatkan akses ke internet, memiliki gawai yang mumpuni, serta mampu membeli buku-buku dalam bidangmu, maka ini saatnya membuat ketiga hal tersebut bermanfaat bagi orang lain. 

1. Kurasi Konten Bermanfaat Membantu Banyak Orang

Kamu mungkin memiliki akses internet 24 jam 365 hari, tetapi di belahan dunia lain, ada orang-orang yang mempertimbangkan sekali uang yang mereka miliki dan memilih kuota internet untuk mendukung proses belajar mereka sehari-hari. Karena internet dinilai penting tetapi harganya lebih terjangkau (setidaknya di Indonesia) dan orang-orang membutuhkannya tak hanya untuk kepentingan edukasi, tetapi juga hiburan. Apalagi akses kepada buku-buku di negara ini dapat dikatakan mahal, dan beberapa orang mungkin hanya punya cukup uang untuk paket internet (yang digunakan untuk sekolah/kuliah daring), tapi tidak punya uang tambahan sebagai ongkos untuk sekadar pergi ke perpustakaan kota. Nah, dengan akses internet dan gawaimu, kamu bisa membantu membagikan konten yang bermanfaat bagi mereka, terutama dalam membantu proses belajar mereka. 

2. Menjembatani Minat Baca Yang Terhalang Biaya

Lagi-lagi soal biaya. Belakangan ini ramai dibahas tentang orang-orang yang lebih suka membeli buku bajakan ketimbang membeli buku asli atau berlangganan akses ke penyedia layanan buku digital. Tentu saja, karena harga buku itu tidak murah, buku digital juga begitu. 

Kamu mungkin cukup beruntung dilahirkan di keluarga yang mampu membeli paket data internet sekaligus berlangganan ke aplikasi penyedia layanan buku digital atau mampu membeli buku-buku cetak (apalagi yang impor) dengan kualitas baik. Sayangnya, tak semua orang seberuntung dirimu. Itulah yang kumaksud mengapa belajar bahasa, kurasi konten, bercerita menjadi penting. 

Kemampuanmu berbahasa asing mampu membantu teman-teman kita yang tidak punya akses untuk membaca buku-buku bagus berbahasa asing yang kamu nikmati dan pahami isinya.

Melalui kemampuan berbahasamu, gaya berceritamu & kurasi konten di media sosial, kamu bisa menjadi solusi untuk menjembatani minat baca individu lain yang tidak memiliki akses kepada buku-buku berkualitas seperti yang kamu miliki. 

Misalnya saja diriku sendiri, aku memiliki akses ke internet 24 jam sehari, aku mampu membeli buku-buku dalam bidangku dan aku suka membaca. Maka, aku melakukan kurasi konten di akun instagramku, sehingga teman-teman dimanapun juga bisa ikut merayakan indahnya membaca buku. 

Katakanlah Instagram, orang tidak perlu berlangganan untuk memilikinya, kan? Seseorang cukup melakukan instalasi aplikasi sosial media yang gratis untuk kemudian bisa menikmati apa yang kubaca melalui cerita yang aku kurasikan dari buku-buku yang kubaca, tentunya dengan mencantumkan setiap sumber. Sekarang, bayangkan jika setiap orang dalam bidangnya melakukan hal tersebut? Akan ada banyak orang yang bisa kita tolong, serta kita bisa menciptakan ruang berpikir dan berdiskusi bersama-sama.

 

I highly appreciate your visit to the Linguistics Student Indonesia website. 


Gift for you!

My Published Book

Let's build a network! Connect with Linguistics Student Indonesia:

Paid Partnership & Business Inquiries:
linguistics@post.com


Comments

Most Visited Articles